Pendidikan madrasah, hebat bermartabat, untuk menciptakan siswa, yang maju mengikuti jaman,
Pertama adalah kurikulum yang diluncurkan tahun lalu itu adalah kurikulum yang setengah matang dan dipaksakan untuk dijalankan di seluruh Indonesia.
Kedua Kemendikbud menerjunkan tim untuk mendeteksi seberapa mentahnya kurikulum ini di lapangan.
Ketidaksesuaian antara kompetensi lulusan dengan materi yang diajarkan dalam buku pelajaran.
Masalah soal evaluasi pendidikan, banyak guru yang kesulitan menjalankan evaluasi Kurikilum 2013 yang berbasis diskripsi. Sistem ini mudah dijalankan di Eropa karena jumlah siswa dalam satu kelas hanya 20 anak dan gurunya ada 2-3 orang. Sementara di Indonesia, seorang guru mengajar hingga 40 siswa.
Kekurangan Kurikulum 2013 itu merupakan buah dari keputusan pemerintah yang tergesa-gesa. Dia mencontohkan seperti orang yang ditugasi menulis buku dalam waktu yang singkat. Tentu potensi terjadi kesalahan atau bolong-bolong dalam tulisannya semakin besar.
Urusan buku Kurikulum 2013 yang belum komplit pendistribusiannya adalah gambaran teknis ketidaksiapan implementasi.