Jokowi Gelontorkan Ratusan Triliun untuk Komitmen Tingkatkan Pendidikan hingga Pelosok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap sektor pendidikan di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Selama delapan tahun memimpin Indonesia, pemerintahan era Jokowi tercatat telah menggelontorkan anggaran pendidikan yang besar.

Menuru Seia Piantara ( Akademisi Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri (TMKM))
menuturkan, besarnya realisasi anggaran ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintahan Jokowi terhadap dunia pendidikan. Besaran anggaran pendidikan bahkan terus bertambah setiap tahunnya.

Tahun 2023, pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun. Besarnya anggaran tersebut diyakini dapat mendorong pemerataan dan peningkatan sektor pendidikan hingga ke pelosok daerah.

“Sudah bagus dengan adanya anggaran (pendidikan) era Pak Jokowi ini. Meningkatkan fasilitas pendidikan di daerah-daerah,” ujar Seia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (2/1/2023).

Lebih lanjut, Seia melihat bahwa ada komitmen dari Jokowi untuk mewujudkan pemerataan pendidikan. Menurutnya Jokowi terus mendorong agar kualitas pendidikan di tiap daerah bisa merata.

Langkah Jokowi ini membuat Seia optimistis dengan masa depan Indonesia. Sebab sektor pendidikan akan menjadi penentu bagi kemajuan sebuah bangsa.

“Kita melihat ada upaya pemerintah (Jokowi) melakukan pemerataan kualitas pendidikan yang baik antara satu kota dengan kota lainnya,” kata Seia.

Hal yang sama juga disampaikan akademisi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Uki Masduki. Dia mengakui Jokowi pada pendidikan terlihat dari affairs beasiswa yang sangat berlimpah.

“Program KIP itu langkah baik perlu kita apresiasi. Banyak masyarakat yang terbantu. Di desa-desa banyak masyarakat terbantu karena KIP itu. Insya allah pendidikan layak adalah pintu menuju SDM unggul,” 

Related

pendidikan 6302886213992709627

Posting Komentar

emo-but-icon

item